DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR KEBAHASAAN PUISI RAKYAT PADA KELAS VII SMP PABAKU STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author DIAH RISKA, SEPVANI
dc.date.accessioned 2024-07-15T02:11:18Z
dc.date.available 2024-07-15T02:11:18Z
dc.date.issued 2024-02-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24836
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui kemampuan mengidentifikasi struktur kebahasaan puisi rakyat menggunakan model number head together, (2) mengetahui kemampuan mengidentifikasi struktur kebahasaan puisi rakyat menggunakan model problem based lerning dan (3) mengetahui pengaruh model number head together dalam mengidentifikasi struktur kebahasaan puisi rakyat. Populasi pada yakni semua siswa kelas VII SMP Pabaku Stabat yang berjumlah 42 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yakni kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Metode pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen serta desain yang digunakan postetst only control design. Instrumen dalam penelitian ini yakni tes soal uraian. Temuan analisis data pada kelas kontrol memakai model problem based learning diperoleh skor rata-rata peserta didik 67,4 ataupun banyaknya 16 peserta didik atas rentang skor 57-69 dikelompokkan rendah dan meraih skor dibawah KKM. Berdasarkan temuan uji hipotesisnya diraih, mean peserta didik yang memakai model number head together besarnya, 83,3 atau sebanyaknya 12 peserta didik pada rentang nilai 70-89 dikategorikan baik dan mendapat nilai di atas KKM . Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh pengguanaan model number head together lebih baik dibandingkan penggunaan model problem based learning, dengan demikian bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model number head together terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur kebahasaan puisi pada kelas VII SMP Pabaku Stabat tahun pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Number Head Together en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Mengidentifikasi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR KEBAHASAAN PUISI RAKYAT PADA KELAS VII SMP PABAKU STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account