dc.contributor.author |
FARIDA, RAULINA SIMANJUNTAK |
|
dc.date.accessioned |
2024-07-15T02:01:41Z |
|
dc.date.available |
2024-07-15T02:01:41Z |
|
dc.date.issued |
2024-04-08 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24834 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis
siswa kelas V SD Negeri 094177 Marihat Mayang dalam pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial materi Interaksi sosial dan lingkungan melalui model
pembelajaran Probleam Besed Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian
Tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 094177
Marihat Mayang yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) tes, 2) observasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah menghitung nilai rata-rata kelas dan data deskriptif. Maka
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 094177
Marihat Mayang. Diketahui pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa dengan
rata- rata 50% dan ketuntasan pengamatan 35% dengan kategori kurang dan
masih belum mencapai indikator yang diharapkan, setelah dilakukan perbaikan
pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata- rata 85%
dan ketuntasan pengamatan 80% dengan kategori sangat baik. Artinya
kemampuan berpikir kritis siswa sudah meningkat dan berhasil. |
en_US |
dc.subject |
Model PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa |
en_US |
dc.title |
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 094177 MARIHAT MAYANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |