DSpace Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS WEB TERHADAP NILAI PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DALAM MATERI MENULIS TEKS NEGOSIASI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author RIKA, TRISNA MANIK
dc.date.accessioned 2024-07-13T05:05:50Z
dc.date.available 2024-07-13T05:05:50Z
dc.date.issued 2023-12-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24816
dc.description.abstract Dalam penelitian ini peneliti mengangkat rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah aliyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajarn menggunakan media animasi berbasis web terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi adalah seluruh siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang yang berjumlah 50 siswa. Sedangkan sampel diambil sebanyak dua kelas, yaitu 25 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvesional dan 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran eksperimen. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian “Ada pembelajarn menggunakan media animasi berbasis web terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang”. Pelaksanaan penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen untuk melihat ada pengaruh perbedaan antara dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Liliefors dan mencari t-hitung.Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara tes kelas kontrol dengan rata-rata 70 dengan kategori baik dan nilai tes eksperimen dengan rata-rata 83,48 dengan kategori sangat baik dan diperoleh nilai t-hitung 5,65 dan ttabel 1,6677, maka t-hitung > t-tabel. Dari hasil terssbut maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada pengaruh pembelajaran menggunakan media animasi berbasis web terhadap kemampuan menulis teks negoisasi pada siswa kelas X Madrasyah Aliyah Swasta Sidikalang Tahun Pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Media Animasi en_US
dc.subject Web en_US
dc.subject Negosiasi en_US
dc.title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS WEB TERHADAP NILAI PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DALAM MATERI MENULIS TEKS NEGOSIASI DI MADRASAH ALIYAH SWASTA SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account