Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa serta mendapatkan pengaruh dari model pembelajaran Make A
Match pada siswa kelas V SD PAB 1 Klumpang Kebun dalam pelajaran
matematika materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V SD PAB 1 Klumpang Kebun yang
berjumlah 33 orang. Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam
penelitian ini adalah tes soal esai. Teknik analisis data yang di gunakan
adalah menghitung nilai rata-rata kelas, data validasi, reliabilitas,
normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Maka dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran Make A Match berpengaruh terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa kelas V SD PAB 1 Klumpang Kebun. Diketahui rata rata sebelum di berikan model pembelajaran sebesar 44%, dan di dapatkan
hasil data setelah pemberian model pembelajaran sebesar 77%.
Pengambilan uji t-test, dapat di lakukan melalui pendekatan probabilitas,
signifikan si yang di gunakan α=0,05. Berdasarkan hasil uji t-test,
diketahui nilai probabilitas atau Sig(2-tailed) sebesar 0,000, nilai
probabilitas ini lebih kecil di bandingkan tingkat signifikansi0,05. Hal ini
berarti Ho di tolak sehingga terjadi perbedaan yang signifikan. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
Make A Match dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa.