DSpace Repository

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 11 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author NASUHA, SALSABILA NASUTION
dc.date.accessioned 2024-07-12T06:13:28Z
dc.date.available 2024-07-12T06:13:28Z
dc.date.issued 2024-06-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24774
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa, siswa cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan pembelajaran masih terpusat pada guru dan guru belum menerapkan model pembelajaran yang melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 11 Medan yang terdiri dari satu kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh. Variabel bebas adalah model pembelajaran Probem Based Learning, variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan Paired Sampel T-Test yang didahului dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,003. Berarti 0,003 < 0,005. Maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 11 Medan. en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 11 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account