dc.description.abstract |
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan
menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri siswa kelas IV SD N
106798.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 106798 yang berjumlah 31 siswa.
Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Metode
analisis data penelitian ini digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan menulis karangan
narasi pada siswa kelas IV SD N 106798 dapat ditingkatkan melalui peningkatan
proses penggunaan media gambar seri dalam proses pembelajaran, yaitu dengan
cara mengurutkan gambar dipapan tulis dan siswa mengamati tentang gambar
yang sudah diurutkan, kemudian siswa menulis karangan narasi berdasarkan
media gambar seri tersebut keterampilan menulis karangan narasi meningkat.
Hasil ini dapat dilihat dari nilai pra tindakan siswa rata-rata 68.90. Setelah
tindakan siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73.54, dan pada siklus II nilai
rata-rata siswa meningkat menjadi 80.06. |
en_US |