DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR BUKU NONFIKSI SECARA TERTULIS PADA SISWA KELAS VIII SMP PAB STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author PRATIWI, RISTI AULIA
dc.date.accessioned 2024-07-12T03:39:30Z
dc.date.available 2024-07-12T03:39:30Z
dc.date.issued 2024-06-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24762
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menelaah unsur-unsur buku nonfiksi secara tertulis pada siswa kelas VIII SMP PAB Stabat tahun pembelajaran 2022/2023 sebelum menggunakan model pembelajaran jigsaw. untuk mengetahui kemampuan menelaah unsur-unsur buku nonfiksi secara tertulis pada siswa kelas VIII SMP PAB Stabat tahun pembelajaran 2022/2023 sesudah menggunakan model pembelajaran jigsaw . Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan kemampuan menelaah unsur unsur buku nonfiksi secara tertulis pada siswa kelas VIII SMP PAB Stabat tahun pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen di mana objek yang diteliti adalah siswa kelas VIII SMP PAB Stabat tahun pembelajaran 2022/2023 untuk mengetahui pengaruh (perlakuan) model pembelajaran jigsaw. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 65 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 33 siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran jigsaw nilai rata-rata pre-test yang diuji pada kelas VIII-1 sebesar 48,78 dengan standar deviasi 8,60 diperoleh nilai tertinggi 65 dan nilai terendah 40 Sedangkan dari hasil penelitian sesudah menggunakan model pembelajaran jigsaw pada kelas VIII-1 nilai rata-rata post test sebesar 80,60 dengan standar deviasi 14,08 dan diperoleh nilai tertinggi sebesar 95 dan nilai terendah 70. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 13,25 dan bila dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan df = N – 1, 33– 1 = 32, maka ttabel = 1,69. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel dengan kriteria thitung > ttabel (13, 25 > 1,69 ) sehingga Ha diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar kemampuan menelaah unsur-unsur buku nonfiksi secara tertulis pada siswa kelas VIII SMP PAB Stabat tahun pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Jigsaw en_US
dc.subject Kemampuan Menelaah Unsur Buku Nonfiksi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR BUKU NONFIKSI SECARA TERTULIS PADA SISWA KELAS VIII SMP PAB STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account