DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 163097 TEBING TINGGI

Show simple item record

dc.contributor.author RITONGA, MIFTAHUL JANNAH
dc.date.accessioned 2024-07-12T03:33:38Z
dc.date.available 2024-07-12T03:33:38Z
dc.date.issued 2024-04-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24761
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena terdapatnya permasalahan dari siswa yaitu tentang kemampuan berfikir kritis siswa yang kurang dalam kegiatan pembelajaran, termasuk pada pembelajaran IPAS. Kemudian kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi oleh guru sehingga berpengaruh terhadap keterampilan berfikir kritis siswa. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah yaitu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap keterampilan berfikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS di kelas V SD NEGERI 163097 TEBING TINGGI. Dalam penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap keterampilan berfikir kritis siswa di kelas V. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan satu kelas yaitu kelas V yang berjumlah 32 siswa. Intrumen penelitian menggunakan lembar tes kemampuan berfikir kritis yang berjumlah 13 soal uraian yang sudah diuji validitas, reliabilitas dan hipotesis. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan di kelas V sebelum menggunakan model pembelajaran Inkuiri diperoleh hasil nilai rata-rata 42. Sedangkan sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri diperoleh hasil nilai rata-rata 80. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inkuiri memberikan dampak yang signifikan bagi siswa dalam keterampilan berfikir kritis siswa kelas V. Dapat kita lihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana 0,000<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri terhadap keterampilan berfikir kritis siswa di kelas V SD NEGERI 163097 TEBING TINGGI en_US
dc.subject Model Pembelajaran Inkuiri en_US
dc.subject Keterampilan Berfikir Kritis Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 163097 TEBING TINGGI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account