Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui bagaimana produk media video
animasi berbasis etnomatematika pada mata pelajaran matematika. (2) Mengetahui
tingkat kevalidan media. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan media. Metode yang
dipergunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau
Reseacrh and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada
penelitian ini, yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : (1)
tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap
pengembangan (development) dan (4) tahap penyebarluasan (dissemination) yang
diperkenalkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini menghasilkan media video animasi
berbasis etnomatematika di sekolah dasar. Berdasarkan validasi terhadap media
pembelajaran rata-rata 90% untuk ahli materi, 97,1% untuk ahli media, 90% untuk
ahli bahasa, artinya media pembelajaran kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan
terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh 93,33% dan untuk
respon siswa diperoleh 95,11%, artinya media pembelajaran kriteria sangat praktis.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis
etnomatematika telah dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.