Abstract:
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui bagaimana produk Fun Thinkers
Book pada materi cuaca kelas III. (2) Mengetahui tingkat kevalidan media. (3)
Mengetahui tingkat kepraktisan media. Model pengembangan yang digunakan pada
penelitian ini, yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu:
(1) Analyze atau Analisis; (2) Design atau Perancangan; (3) Development atau
Pengembangan; (4) Implementation atau Penerapan; (5) Evaluation atau Evaluasi.
Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation atau
Penerapan, dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga. Penelitian ini
menghasilkan media pembelajaran Fun Thinkers Book pada materi cuaca di sekolah
dasar. Berdasarkan hasil validasi terhadap media Fun Thinkers Book 98% untuk
ahli desain media, 90% untuk ahli bahasa, 94% untuk ahli materi, artinya media
pembelajaran masuk dalam kategori “Sangat Valid”. Hasil kepraktisan terhadap
media pembelajaran untuk respon peserta didik diperoleh nilai 82% dan untuk
respon guru diperoleh nilai 88%, artinya media pembelajaran masuk dalam kategori
“Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut disimpulkan bahwa media
pembelajaran Fun Thinkers Book dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.