Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi lagu tradisional
berbasis powtoon di kelas III SD Muhammadiyah 09 Medan, mengetahui
kevalidan media serta kepraktisan yang diperoleh dari respon guru dan peserta
didik dengan adanya media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian Research and Delopment (R&D) atau penelitian dan pengembangan
menurut model Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilalui dalam penelitian,
antara lain: Potensi masalah, Pengumpulan data, Desain Produk Video Animasi,
Validasi desain, validasi animasi, Revisi Desain video animasi, uji coba produk.
Produk yang dhasilkan dari penelitian ini adalah video animasi lagu tradisional
berbasis powtoon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi
lagu tradisional berbasis powtoon yang dikembangkan menggunakan model Borg
and Gall ditanyakan valid. Tingkat kevalidan media pembelajaran berdasarkan
penelitian, antara lain: a) Validator ahli materi memperoleh presentasi 92,86%
dengan kategori “sangat valid”, b) Validator ahli media memperoleh presentasi
96,66% dengan kategori “sangat valid”, c) Validator ahli bahasa memperoleh
presentasi 96% dengan kategori “sangat valid”. Penilaian kepraktisan media video
animasi berbasis powtoon dari guru memperoleh presentasi 88% dengan kategori
“sangat praktis”, serta respon media video animasi kepada siswa yang didapat dari
uji coba kelompok besar memperoleh presentasi 81,10% dengan kategori “sangat
praktis”.