Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa di kelas IV pada materi FPB dan KPK dan mengetahui kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa pada materi FPB dan KPK. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini
adalah 31 siswa kelas VI SD Muhammadiyah 18 Medan. Dalam teknik pengumpulan
data penelitian ini yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis
data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi
data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa,
(1) Siswa mampu mengetahui Bilangan Prima, Faktor Prima, Faktorisasi Prima,dan
Kelipatan. (2) Siswa mampu mengerjakan soal materi FPB dan KPK. (3) Siswa mampu
mengetahui perbedaan FPB dan KPK. (4) kemampuan pemecahan masalah siswa
dalam mengerjakan soal cerita. (5) Upaya guru dalam memecahkan masalah matematis
siswa pada materi FPB dan KPK.