dc.description.abstract |
Kedisiplinan diri siswa menjadi salah satu indikator penting bagi siswa yang
ingin sukses dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kedisiplinan siswa
dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD Negeri 106443 Sei Baharu.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini berjumlah 50 siswa dengan
mengambil 2 kelas yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa
dan kelas V-B sebagai kelas control berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan uji validitas lembar observasi para hali, syarat pengujian(uji
normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap
kedisiplinan siswa, karena pada hasil analisis uji t (independent t-tes) diperoleh
hasil yang signifikansi (sig.2-tailed)0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Artinya, terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kedisiplinan
siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD Negeri 106443 Sei
Baharu. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dikelas eksperimen
yaitu 76,53. Sedangkan siswa di kelas control rata-rata (mean) tanpa diberikan
model pembelajaran Problem Based Learning yaitu 67,63. Sehingga siswa yang
mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning |
en_US |