DSpace Repository

PENGEMBANGAN MEDIA JAM PUTAR BERBASIS PERMAINAN KARTU PADA SISWA KELAS TINGGI SD HANG TUAH 2 TITIPAPAN T.P 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author WHARDHANI, INGGHID TRI
dc.date.accessioned 2024-07-11T07:51:56Z
dc.date.available 2024-07-11T07:51:56Z
dc.date.issued 2024-01-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24718
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media jam putar berbasis permainan kartu Pada Siswa Kelas Tinggi SD Hang Tuah 2 Titipapan T.P. 2022/2023. Latar belakang dari pengembangan ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran di kelas sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran jam putar berbasis permainan kartu. Adapun perumusan masalah yang melatarbelakangi adalah “Bagaimana pengembangan media jam putar berbasis permainan kartu pada kelas tinggi di SD Hang Tuah 2 Titipapan memenuhi kriteria valid dan praktis?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media jam putar berbasis permainan kartu pada siswa kelas tinggi, Untuk mengembangkan dengan kriteria valid pada media jam putar berbasis permainan kartu pada siswa kelas tinggi, dan Untuk mengembangkan dengan kriteria praktis pada media jam putar berbasis permainan kartu pada siswa kelas tinggi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa media jam putar berbasis permainan kartu. Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi dan sampel data penelitian ini diambil dari sekolah SD Hang Tuah 2 Titipapan dengan jumlah populasi keseluruhan 179 siswa dan pengambilan sampel berjumlah 24 orang dengan Teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian ini diambil berdasarkan lembar angket validasi ahli bahasa, media pembelajaran, materi pembelajaran dan lembar angket kepraktisan media berupa respon guru dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini memperoleh presentase tingkat kevalidan rata – rata penilaian oleh ahli materi 89,33% , ahli media 90% dan ahli bahasa 85,41% dan hasil kepraktisan pada respon peserta didik 89,41%, dan respon guru 82,22% menyatakan tertarik yang artinya pengembangan media jam putar berbasis permainan kartu ini layak dan valid sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). en_US
dc.subject pengembangan model Addie en_US
dc.subject media pembelajaran en_US
dc.subject jam putar en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA JAM PUTAR BERBASIS PERMAINAN KARTU PADA SISWA KELAS TINGGI SD HANG TUAH 2 TITIPAPAN T.P 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account