dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Group
Investigation berbantuan media film terhadap kemampuan mengidentifikasi
unsur-unsur drama pada siswa kelas VIII SMP Istiqlal Delitua tahun pembelajaran
2022/2023. Jenis metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen.
Penelitian ini menggunakan tipe post-test only control design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 4 kelas yang berjumlah 110.
Sampel penelitian ini terdiri dari dari 2 kelas yaiitu kelas VIII-2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik
random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes esai yang berisi 1 soal
yaitu menganalisis unsur-unsur drama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama pada siswa kelas VIII SMP
Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2022/2023 dengan model Group Investigation
berbantuan media film berada pada kategori baik karena memperoleh rata-rata
81,64, sedangkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama dengan model
Problem Based Learning berada pada kategori cukup karena memperoleh rata-rata
69,96. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, yaitu dengan membandingkan thitung
dengan ttabel telah diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,755 > 2,0048, maka dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Group Investigation
berbantuan media film terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama
pada siswa kelas VIII SMP Istiqlal Delitua tahun pembelajaran 2022/2023. |
en_US |