dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran student
fasilitatory and explaining berbantuan buku antologi puisi terhadap kemampuan
musikalisasi puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran
2022/2023. Jenis metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen.
Penelitian ini menggunakan tipe post-test only control design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas X sebanyak 3 kelas yang berjumlah 106. Sampel
penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas ekperimen dan
kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik random sampling.
Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan esai yang menguraikan
isi makna dari puisi yang di musikalisasi oleh siswa. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kemampuan musikalisasi puisi oleh siswa kelas X SMA
Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2022/2023 dengan model pembelajaran
student fasilitatory and explaining berbantuan buku antologi puisi berada pada
kategori sangat baik karena memperoleh rata-rata 81,91 sedangkan, kemampuan
musikalisasi puisi dengan metode konvensional berada pada kategori kurang baik
karena memperoleh rata-rata 62,85. Berdasarkan uji hipotesis di peroleh uji βtβ
dengan hasil pengujian pada taraf =0,5 maka diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 5,956
>1,667. Karena nilai 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , maka disimpulkan ada pengaruh model
pembelajaran student fasilitatory and explaining berbantuan buku antologi puisi
terhadap kemampuan musikalisasi puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan
tahun pembelajaran 2022/2023. Dengan demikian hipotesis alternative (Ha)
terbukti kebenarannya dan diterima. |
en_US |