Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan
keaktifan peserta didik pada pembelajaran Matematika dengan pengunaan model
pembelajaran Snowball Throwing di SD Negeri 064967 Medan Timur. Peserta
didik diwajibkan untuk dapat aktif selama proses pembelajaran berlangsung..
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggumpulkan
data yang dilakukan dengan lembar observasi dan lembar angket dalam proses
pembelajaran dan untuk mengetahui keaktifan siswa selama proses pembelajaran
berlangsung dan lembar tes bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik
pada materi pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 2
kali pertemuan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan
keaktifan siswa selama pembelajaran Matematika setelah mengikuti pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas
III SD Negeri 064967 Medan Timur. Hasil dari penelitian ini pada siklus I
mencapai presentase sebesar 62% dengan rincian peserta didik yang mendapatkan
kategori cukup sebanyak 2 peserta didik dengan presentase 10% dan peserta didik
yang mendapatkan kategori baik sebanyak 18 oeserta didik dengan presentase
90%. Pada siklus II meningkat menjadi 72% dengan rincian peserta didik yang
mendapatkan kategori baik sebanyak 15 peserta didik dengan presentase 75% dan
peserta didik yang mendapatkan kategori sangat baik sebanyak 5 peserta didik
dengan presentase 15%.
Berdasarkan hasil presentase yang telah diperoleh maka peserta didik
dapat dikatakan aktif dalam proses pembelajaran matematika di kelas III SD
Negeri 064967 Medan Timur dengan menggunakan model pembelajaran
Snowball Throwing. Terdapat peningkatan pada siklus I dan siklus II dengan
selisish 10%. Pada siklus I presentase keaktifan mencapai 62% dan meningkat
sebanyak 10% pada siklus II mencapai 72%.