DSpace Repository

PENGARUH MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA DI KELAS III SD TERPADU MUHAMMADIYAH 36 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author HERLIZA, SHEILA
dc.date.accessioned 2024-07-10T07:10:50Z
dc.date.available 2024-07-10T07:10:50Z
dc.date.issued 2024-04-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24654
dc.description.abstract Riset ini bertujuan guna memahami pengaruh model RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Siswa di Kelas III SD Terpadu Muhammadiyah Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif, populasi dalam riset ini adalah seluruh siswa di kelas III SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan yang berjumlah 106 orang siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Al- Farabi dan III Ibnu Rusyd SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan yang berjumlah 52 orang siswa. Pada pengambilan sampel menggunkan teknik Purpossive Sampling. Hasil dari riset ini didapatkan dari tes, lalu diolah serta dianalisis menggunakan SPSS Versi 25. Pada golongan eskperimen terdapat mean sebesar 78,08 dan golongan kontrol sebesar 35,38 hingga dapat disimpulkan bahwa skor mean pada golongan eksperimen memakai Model RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika lebih baik dari pada golongan kontrol yang menggunakan metode ceramah. Bersumber analisis data uji hipotesis, golongan eksperimen yang menggunakan Model RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika siswa mendapatkan hasil uji Independent Samples Test sebesar 0,00 yang mana 0,00 < 0,05 dengan hal ini menyatakan bahwa Ha diterima H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Model RME (Realistic Mathematics Education) Berbasis Etnomatematika berpengaruh signifikan Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika siswa di kelas III SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. en_US
dc.subject Kemampuan Numerasi Matematika en_US
dc.subject Model RME (Realistic Mathematics Education) en_US
dc.subject Berbasis Etnomatematika en_US
dc.title PENGARUH MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA DI KELAS III SD TERPADU MUHAMMADIYAH 36 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account