Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan model
pembelajaran Direct Intruction berbasis games untuk meningkatkan hasil belajar
akuntansi siswa kelas X AK-4 SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017?. Apakah ada peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK-4
SMK Negeri 7 Medan melalui penerapan model pembelajaran Direct Intruction
Berbasis Games Tahun Pembelajaran 2016/2017?. Penelitin ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan model pembelajaran Direct Intruction berbasis games
untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK-4 SMK Negeri 7
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui Apakah ada
peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK-4 SMK Negeri 7 Medan
melalui penerapan model pembelajaran Direct Intruction Berbasis Games Tahun
Pembelajaran 2016/2017. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes ( pre
test dan post test) dan observasi aktivitas siswa. tes adalah alat atau prosedur yang
dipergunakan dalam rangka pengukuran dan penilaian. Tes yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 10 soal
yang berbentuk multiple choice. Observasi yang dilakukan adalah observasi
aktifitas siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa dalam proses
belajar mengajar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui tes dan
observasi dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal
(pre test) persentase yang tuntas 7,89% kemudian setelah dilakukas post test
siklus I persentase ketuntasan naik menjadi 52,63% dan pada siklus II mengalami
peningkatan menjadi 84,21%. Dengan demikian hipotesis tindakan “ada
peningkatan hasil belajar akuntansi siswa melalui melalui penerapan model
pembelajaran Direct Intruction berbasis games untuk meningkatkan hasil belajar
akuntansi siswa kelas X AK-4 SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017.