Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis naskah
drama sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas
VIII SMP AL-Hikmah Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dimana objek yang diteliti adalah siswa kelas
VIII SMP AL- Hikmah Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sebelum menggunakan model pembelajaran MIKiR, rata rata nilai pre-test kelas VIII-5 adalah 51,22 atau dalam kategori kurang, dan
standar deviasi sebesar 8,82. Berdasarkan hasil penelitian setelah menggunakan
model pembelajaran MIKiR pada kelas VIII-5 diperoleh rata-rata 80,11 atau
dalam kategori baik, dan standar deviasi sebesar 13,59. Pada pembelajaran pre test terdapat 1 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau
yang mencapai nilai 75, sedangkan 34 siswa tidak memenuhi KKM. Pada
pembelajaran post-test terdapat 28 siswa yang memenuhi KKMsedangkan 7 siswa
lainnya tidak lulus KKM. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung
sebesar 9,63 dan jika dilihat nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan df = N -1,
35-1 = 34 maka ttabel adalah 1,69. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel
dengan menggunakan Kriteria thitung > ttabel(9,63> 1,69), maka Ha diterima. Dengan
kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran MIKiR terhadap hasil belajar
kemampuanMenulis Naskah Drama siswa kelas VIII SMP AL-Hikmah Medan
Tahun Pembelajaran 2022/2023.