Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif
Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Media Powtoon terhadap Kemampuan
Menganalisis Strukur Teks Negosiasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X IPA X SMA Negeri 4 Medan yang berjumlah 36 siswa. Objek yang
diteliti adalah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head
Together (NHT) Berbasis Media Powtoon terhadap Kemampuan Menganalisis Strukur
Teks Negosiasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menganalisis struktur
teks negosiasi oleh siswa X IPA X SMA Negeri 4 Medan sebelum menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis media
Powtoon adalah 77,77. Nilai rata-rata kemampuan menganalisis struktur teks negosiasi
oleh siswa kelas X IPA X SMA Negeri 4 Medan setelah menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis media
Powtoon adalah 94,44. Hasil perhitungan to yang dilakukan oleh peneliti adalah
49,029, karena nilai 49,029 > 0,005 maka hipotesis diterima. Yang artinya ada
perbedaan yang signifikan terhadap pemerolehan nilai pretest dan posttest.