DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV UPT SD NEGERI 060871 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author NADYA, AFRIANTI
dc.date.accessioned 2024-07-05T10:12:21Z
dc.date.available 2024-07-05T10:12:21Z
dc.date.issued 2024-05-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24572
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan proses sains siswa dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa di kelas kontrol pada pembelajaran IPAS kelas IV di UPT SD Negeri 060871 Medan, untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa di kelas eksperimen pada pembelajaran IPAS kelas IV di UPT SD Negeri 060871 Medan, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV UPT SD Negeri 060871 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang peserta didik. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji validitas ahli dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV UPT SD Negeri 060871 Medan. en_US
dc.subject Discovery Learning en_US
dc.subject Keterampilan Proses Sains en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV UPT SD NEGERI 060871 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account