DSpace Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN COBERTUNG (CORONG BERHITUNG) PADA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH O7 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRI AYU, AZHARI
dc.date.accessioned 2024-07-05T10:10:21Z
dc.date.available 2024-07-05T10:10:21Z
dc.date.issued 2024-05-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24571
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui bagaimana produk media pembelajaran corong berhitung pada materi perkalian. (2) Mengetahui tingkat kevalidan media. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan media. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development) dan (4) tahap penyebarluasan (dissemination) yang diperkenalkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran perkalian corong berhitung di sekolah dasar. Berdasarkan validasi terhadap media pembelajaran rata-rata 95 % untuk ahli materi, 94% untuk ahli media, 98% untuk ahli bahasa, artinya media pembelajaran kriteria sangat layak. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh 95% dan untuk respon siswa diperoleh 94,8% artinya media pembelajaran kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran corong berhitung telah dinyatakan sangat layak/valid dan sangat praktis en_US
dc.subject Media Pembelajaran Corong Berhitung en_US
dc.subject Model Pembelajaran 4D en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERKALIAN COBERTUNG (CORONG BERHITUNG) PADA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH O7 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account