Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Numbered Head Together terhadap kemampuan menganalisis struktur dan
kebahasaan teks cerpen siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan
tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas VIII-E dan VIII-D yang berjumlah 62 siswa. Metode penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan desain postest only control design.
Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini
adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa menganalisis
struktur dan kebahasaan teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional rata-rata 65,16 termasuk ke dalam kategori cukup. Sedangkan
kemampuan siswa menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen dengan
menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together rata-rata 78,64
termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung > ttabel
yaitu 4,72 > 1,670 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model
pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan menganalisis
struktur dan kebahasaan teks cerpen oleh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum
Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.