Abstract:
Studi ini bertujuan guna mengetahui dan menerangkan: 1) bagaimana Kepala
Sekolah mengatur terhadap manajemen tenaga pendidikan dalam meningkatkan
mutu lulusan di SMP Muhammadiyah 31 Panyabungan? 2) bagaimana Kepala
Sekolah mengatur terhadap manajemen kurikulum dalam upaya meningkatkan
mutu lulusan di SMP Muhammadiyah 31 Panyabungan?, dan 3) bagaimana
kepemimpinan kepala Sekolah dalam upaya peningkatan mutu lulusan di SMP
Muhammadiyah 31 Panyabungan?. Studi ini menerapkan pendekatan deskriptif
kualitatif. Pengambilan data melalui cara pengamatan, wawancara dan
dokumentasi. Pelaksanaan studi ini selama 4 bulan dari bulan Agustus hingga
Desember 2023. Informan dan subjek dalam studi ini adalah Kepala Sekolah dan
beberapa Guru dari SMP Muhammadiyah 31 Panyabungan. Hasil studi
mengindikasikan: 1) Kinerja guru di SMP Muhammadiyah 31 Panyabungan dapat
dilihat dari tingkat kedisiplinan mereka. Selain itu, bertambahnya jumlah siswa
setiap tahunnya juga juga menunjukan kinerja mereka. Adapun aspek kepribadian
guru dapat dilihat dari interaksi guru dengan warga sekolah. Penerapan media dan
berbagai metode pembelajaran sudah dilakukan oleh guru secara efektif dan dan
sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Peningkatan kinerja
guru di SMP Muhammadiyah 31 Panyabungan dilakukan melalui penerapan
strategi manajemen berbasis sekolah, yang mencakup kegiatan pembinaan kinerja
guru seperti partisipasi dalam seminar dan pelatihan, serta penerapan kedisiplinan
terhadap guru dan siswa. 3) Dalam upaya peningkatan kinerja guru, Kepala
sekolah bertindak sebagai educator (pendidik) dan motivator (motivasi).