Abstract:
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode
eksperimen terhadap kemampuan menulis teks puisi pada siswa kelas VIII SMP
Swasta Pabaku Stabat Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh pembelajarn menggunakan metode sugesti imajinasi
terhadap kemampuan menulis teks puisi pada siswa kelas VIII SMP Swasta Pabaku
Stabat Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Swasta Pabaku Stabat yang berjumlah 67 siswa. Sedangkan sampel diambil
sebanyak dua kelas, yaitu 35 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model
konvesional dan 32 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan
model pembelajaran eksperimen. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa dalam penelitian “Ada Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi
Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi”. Pelaksanaan penelitian ini peneliti
menggunakan metode eksperimen untuk melihat ada pengaruh perbedaan antara
dua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan
teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji statistik
penelitian ini telah menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan
antara tes kelas kontrol dengan rata- rata 74,43) dengan nilai tes eksperimen dengan
rata-rata 87,66 dan t hitung > t tabel (6,85 > 1,668). Maka Ha diterima dan H0
ditolak dengan hipotesis yang berbunyi “Ada Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi
Terhadap Kemampuan Menulis Teks Pusis kelas VIII SMP Swasta Pabaku Stabat
tahun pembelajaran 2022/2023.