DSpace Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS V DI SDS MUHAMMADIYAH 11

Show simple item record

dc.contributor.author PRASA’STI, JIHAN IKA
dc.date.accessioned 2024-06-27T02:57:56Z
dc.date.available 2024-06-27T02:57:56Z
dc.date.issued 2023-11-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24215
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi sebelum menggunakan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi setelah menggunakan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning kelas V SDS Muhammadiyah 11 tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDS Muhammadiyah 11 dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Subjek dalam Penelitian ini adalah Keterampilan menulis kelas V SDS Muhammadiyah 11 29 siswa. Objek Penelitian ini adalah Keterampilan menulis karangan deskripsi kelas V SDS Muhammadiyah 11 yang didukung oleh semua komponen yang diterapkan sesuai dengan perencanaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa SDS Muhammadiyah 11 Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik analisis data ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas V SDS Muhammadiyah 11 Tahun Pelajaran 2022/2023. Peningkatan dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I pengolahan hasil belajar siswa menunjukkan 8 siswa (28%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 21 siswa (72%) belum mencapai ketuntasan belajar sehingga pada siklus I persentase ketuntasan belajar masih rendah yaitu 28% dengan nilai rata-rata 58,65. Sedangkan pada siklus II hasil pengolahan data menunjukkan 28 siswa (96,56%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 1 siswa (3,44%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 82,75. Karena telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu 80% siswa memperoleh nilai lebih atau sama dengan KKM (65) maka penelitian ini dikatakan berhasil. en_US
dc.subject Pembelajaran CTL en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Deskripsi en_US
dc.title PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS V DI SDS MUHAMMADIYAH 11 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account