dc.contributor.author |
INDRIANI, FEBBY |
|
dc.date.accessioned |
2024-06-14T07:32:43Z |
|
dc.date.available |
2024-06-14T07:32:43Z |
|
dc.date.issued |
2023-11-22 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23795 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project
Based Learning berbasis media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi
siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2022/2023.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut
Sei Tuan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-A dan kelas X-E yang
berjumlah 72 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan desain postest only control design. Instrumen yang digunakan
oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa menulis puisi dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional rata-rata 66,13 termasuk ke
dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan menulis puisi dengan
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbasis media audio
visual rata-rata 79,92 termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui
nilai thitung > ttabel yaitu 5,99 > 1,666 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan
model pembelajaran Project Based Learning berbasis media audio visual terhadap
kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun
Pembelajaran 2022/2023. |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Project Based Learning berbasis Media Audio Visual |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Menulis Puisi. |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |