Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas media
interaktif terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV Mis Al Furqon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian
ini adalah peserta didik kelas IV Mis Al-Furqon sebanyak 20 siswa. Hasil
penelitian menunukkan bahwa kreativitas siswa sebelum menggunakan media
interaktif sangat rendah ini terlihat siswa yang memenuhi nilai hanya 9 orang
siswa dan 11 orang siswa lagi belum memenuhi nilai. Kreativitas siswa setelah
menggunakan media interaktif mengalami peningkatan yang memenuhi nilai
hanya 18 orang siswa dan 2 orang siswa lagi belum memenuhi nilai. Terdapat
pengaruh media interaktif terhadap kreativitas siswa berdasarkan hasil
perhitungan pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 2,765
sedangkan untuk 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 pada N = 20 β 2 yaitu 1,734. Maka 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 2,765 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙
1,734.