DSpace Repository

PENGARUH METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK TEKS FABEL OLEH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author NUR HALIMAH, AHMAD
dc.date.accessioned 2024-05-02T02:06:05Z
dc.date.available 2024-05-02T02:06:05Z
dc.date.issued 2023-12-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23631
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik teks fabel oleh siswa kelas Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan yang berjumlah 144 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 54 siswa, 26 siswa kelas eskperimen 28 siswa kelas kontrol. Objek yang diteliti adalah penggunaan metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik teks fabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji u (U Mann Whitney Test). Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini telah menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata perbedaan antara posttest kelas kontrol dengan rata-rata 66,29 (sebelum diberikan treatment) dengan nilai postest kelas eksperimen dengan rata-rata 85,09 (sesudah diberikan treatment) yaitu Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima” artinya ada perbedaan dari sebelum dan sesudah penggunaan metode pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam kegiatan memahami unsur intrinsik teks fabel oleh siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan. en_US
dc.subject DRTA en_US
dc.subject Teks Fabel en_US
dc.subject Kemampuan Memahami en_US
dc.title PENGARUH METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK TEKS FABEL OLEH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account