dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang
signifikan melalui Metode Pengaliran Imaji Berbantuan Media Podcast Sportify
terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13
Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMP
Negeri 13 Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 214 siswa yang
terdiri dari 7 kelas dan kelas VIII-4 terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas
yang menerima pembelajaran dengan menggunakan metode pengaliran imaji
berbantuan media podcast sportify terhadap kemampuan menulis naskah drama
sedangkan kelas VIII-3 terpilih sebagai kelas kontrol menggunakan metode
konvensional /ceramah. Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu
penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebab
adanya perlakuan yang di berikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu tes esai dengan posttest-only
control design. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa
kemampuan menulis naskah drama menggunakan metode pengaliran imaji
berbantua podcast sportify memperoleh nilai rata rata 93,09 dan termasuk dalam
kategori sangat baik. Sedangkan kemampuan menulis naskah drama
menggubnakan metode konvensional/ceramah memperoleh nilai rata β rata 45,38
termasuk dalam kategori sangat kurang. Berdasarkan uji hipotesis di peroleh uji
βtβ dengan hasil pengujian pada taraf = 0,05 maka diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu
5,2729 > 1,670. Karena nilai 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , maka disimpulkan ada pengaruh
metode pengaliran imaji berbantuan media podcast sportify terhadap
kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 13 medan tahun
pembelajaran 2022/2023. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan
terbukti kebenarannya dan di terima |
en_US |