Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Pakistani Pada
Pelajaran Tahfidz Qur’an Di SMP IT Luqmanul Hakim. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun yang dijadikan objek penelitian
adalah pembelajaran Tahfidz Qur’an dan Metode Pakistani yang terdiri dari
sabaq, sabqi dan manzil. Subjek yang diteliti adalah guru tahfidz dan siswa SMP
IT Luqmanul Hakim. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini
menjelaskan bahwa Pelajaran Tahfidz Qur’an di SMP IT Luqmanul Hakim terdiri
dari 3 tahapan yaitu tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan
evaluasi. Dalam tahapan perencanaan siswa menghafal sendiri satu persatu ayat
yang ingin disetorkan. Pada tahap pelaksanaan metode pakistani ini terdiri dari 3
tahap yaitu sabaq, sabqi dan manzil. Pada tahap Evaluasi dilakukan melalui
beberapa tahap yaitu setoran harian, evaluasi hafalan setengah juz, evaluasi
kelipatan 1 juz, dan evaluasi bulanan