DSpace Repository

ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL HIKMAH MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayat, Nadila Ananda
dc.date.accessioned 2023-11-29T03:09:42Z
dc.date.available 2023-11-29T03:09:42Z
dc.date.issued 2023-11-29
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23382
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan. Fokus penelitian ini adalah: membahas metode yang digunakan oleh guru bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan, bagaimana implementasi metode pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan, dan apakah dengan metode pembelajaran yang telah diterapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan. Dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan, Guru bahasa Arab dan Siswa kelas VII. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu berupa observasi, wawancara, dokumentasi yang diambil pada saat siswa melakukan pembelajaran bahasa Arab dan melakukan triangulasi untuk mencari keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang dilakukan oleh guru di Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan pada pembelajaran bahasa Arab adalah dengan menggunakan metode membaca (Maharah Qira‟ah) dan metode tarjamah. Dengan adanya metode pembelajaran bahasa Arab yang telah di terapkan oleh Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah maka pembelajaran bahasa Arab berjalan dengan lancar dan kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa Arab meningkat. Adapun komponen – komponen yang terdapat di dalam yaitu media pembelajaran, serta metode pembelajaran. Dengan adanya upaya – upaya dalam peningkatan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan, maka penerapan yang dilakukan oleh guru dalam metode pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa dalam keseharian di lingkungan pesantren dan begitu juga kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab juga semakin meningkat. en_US
dc.subject Analisis, Metode Pembelajaran, Bahasa Arab. en_US
dc.title ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL HIKMAH MEDAN en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account