Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran Bahasa Arab di
Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan. Fokus penelitian ini adalah: membahas
metode yang digunakan oleh guru bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah
Medan, bagaimana implementasi metode pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren
Modern Darul Hikmah Medan, dan apakah dengan metode pembelajaran yang telah
diterapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa Arab di
Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan. Dalam pelaksanaannya peneliti
menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu
Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan, Guru
bahasa Arab dan Siswa kelas VII. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu berupa
observasi, wawancara, dokumentasi yang diambil pada saat siswa melakukan pembelajaran
bahasa Arab dan melakukan triangulasi untuk mencari keabsahan data yang diperoleh. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode yang dilakukan oleh guru di Pondok Pesantren
Modern Darul Hikmah Medan pada pembelajaran bahasa Arab adalah dengan
menggunakan metode membaca (Maharah Qira‟ah) dan metode tarjamah. Dengan adanya
metode pembelajaran bahasa Arab yang telah di terapkan oleh Pondok Pesantren Modern
Darul Hikmah maka pembelajaran bahasa Arab berjalan dengan lancar dan kemampuan
siswa dalam mempelajari bahasa Arab meningkat. Adapun komponen – komponen yang
terdapat di dalam yaitu media pembelajaran, serta metode pembelajaran. Dengan adanya
upaya – upaya dalam peningkatan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern
Darul Hikmah Medan, maka penerapan yang dilakukan oleh guru dalam metode
pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa dalam
keseharian di lingkungan pesantren dan begitu juga kemampuan siswa dalam berbicara
bahasa Arab juga semakin meningkat.