dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode talking stick
berbasis permainan truth or dare terhadap kemampuan komunikasi peserta didik
pada pembelajaran IPA di SD Negeri 104193 Hamparan Perak. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104193
yang berjumlah 42 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas IV-A
sebanyak 21 siswa dan kelas IV-B sebanyak 21 siswa. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh di mana semua anggota
populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan lembar
observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata yang menggunakan
metode Talking stick berbasis permainan truth or dare lebih tinggi dibandingkan
dengan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan metode Talking stick dengan nilai
rata-rata yaitu 70,76 dengan 56,48. Nilai tertinggi siswa sebelum menggunakan
metode pembelajaran Talking stick berbasis permainan truth or dare adalah 85.
Nilai tertinggi siswa sesudah menggunakan metode Talking stick berbasis
permainan truth or dare adalah 93. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang
telah dilakukan peneliti pada (uji t) perhitungan menunjukkan bahwa pada taraf
signifikan 0,000 diperoleh nilai thitung sebesar 85,279, sedangkan untuk ttabel pada
N = 42-2, itu adalah 1.684. Maka thitung 85,279 > ttabel 1,684. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh Metode Talking Stick Berbasis Permainan Truth
Or Dare terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV A SDN 104193
Hamparan Perak |
en_US |