Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan pembelajaran strategi
reading guide pada mata pelajaran aqidah akhlak, untuk mengetahui pelaksanaan
strategi pembelajaran reading guide pada mata pelajaran aqidah akhlak dan untuk
mengetahui evaluasi pelaksanaan strategi pembelajaran reading guide dalam faktor
pendukung dan faktor penghambat. Dimana Metode ini guru menjelaskan materi dengan
ceramah dan tanyajawab serta pengumpulan data yang digunakan adalah metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari kesimpulan ini menunjukan bahwa
MTs Insan Cita menerapkan strategi pembelajaran reading guide dengan melaksankan
beberapa tahapan yang guru lakukan seperti membagikan buku paket aqidah akhlak
serta guru memberikan waktu beberapa menit kepada siswa untuk membaca buku paket
yang telah dibagikan setelah itu guru memberikan pertanyaan kepada siswa terkait
dengan apa yang telah dibaca kemudian guru menjelaskan dan menyimpulkan materi
yang belum dipahami oleh siswa, agar siswa dapat memahami isi teks bacaan.