Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan
belajar peserta didik dalam materi pembagian dan kesulitan-kesulitan belajar
peserta didik dalam materi pembagian. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
IV dan guru wali kelas IV. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model
Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan
keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi
sumber. Hasil penelitian ini menunjukakan bahwa faktor penyebab kesulitan
belajar peserta didik dalam materi pembagian berasal dari faktor internal dan
faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri
peserta didik yaitu faktor fisik (keadaan tubuh), psikologis (kemampuan/pola
pikir) dan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri peserta didik
yaitu semua kondisi lingkungan peserta didik yang mendukung cara belajar
peserta didik terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan
lingkungan sekolah. Serta kesulitan-kesulitan belajar peserta didik dalam materi
pembagian yaitu kesulitan berhitung dalam materi pembagian, kesulitan konsep
dalam memahami konsep pembagian, kesulitan operasi/keterampilan peserta didik
dalam mengoperasikan soal-soal pembagain, kesulitan memahami soal.