Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui bagaimana produk media
pembelajaran flipbook kvisoft pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya. (2)
Mengetahui tingkat kevalidan media. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan media.
Metode yang dipergunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian dan
pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D). Model pengembangan
yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan 4D yang terdiri
dari 4 tahapan yaitu : (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan
(design), (3) tahap pengembangan (development) dan (4) tahap penyebarluasan
(dissemination) yang diperkenalkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini menghasilkan
media pembelajaran flipbook kvisoft pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya
di sekolah dasar. Berdasarkan validasi terhadap media pembelajaran rata-rata 87%
untuk ahli materi, 92% untuk ahli media, 92% untuk ahli bahasa, artinya media
pembelajaran kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran
untuk respon guru diperoleh 91% dan untuk respon siswa diperoleh 91,66%,
artinya media pembelajaran kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook kvisoft telah dinyatakan
sangat valid dan sangat praktis.