dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas siswa
sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran menggunakan Media
Videoscribe dan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran
Berbasis Videoscribe terhadap Kreativitas Belajar IPA Siswa Di Kelas IV SD
Negeri 158326 Bajamas 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,
sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B SD Negeri
158326 Bajamas 2 berjumlah 40 orang siswa. Analisis yang digunakan Yaitu uji
validitas dan realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan
model pembelajaran berbasis videoscribe lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata
siswa tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis videoscribe yaitu 72,63
banding 57,63 Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model
pembelajaran berbasis videoscribe 67,50 dan Nilai tertinggi yang diperoleh siswa
sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis videoscribe ialah 87,50 yang
diproses dan dianalisis dengan menggunakan software SPSS 22.0 for windows
menunjukkan bahwa pengujian hipotesis (uji-t) diperoleh hasil bahwa nilai
signifikasi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah <0,05, dengan demikian nilai
signifikasinya dibawah 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh antara media pembelajaran berbasis Videoscribe terhadap kreativitas
belajar IPA siswa di kelas IV SD Negeri 158326 Bajamas 2 |
en_US |