DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LAWE ALAS TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author HAYATI, RIDA
dc.date.accessioned 2023-11-27T07:35:04Z
dc.date.available 2023-11-27T07:35:04Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23173
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap keterampilan mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya oleh siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lawe Alas tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lawe Alas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 19 siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest) dengan teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya sebelum menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together rata-rata 63,94 termasuk dalam kategori cukup sedangkan keterampilan mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya sesudah menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together rata-rata 75 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui hilai thitung > ttabel yaitu 3,64 > 1,73 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunakan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap keterampilan mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lawe Alas Tahun Pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Numbered Head Together en_US
dc.subject Keterampilan Mengidentifikasi Informasi pada Teks Ulasan en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS KARYA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LAWE ALAS TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account