DSpace Repository

STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR`AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR`AN PADA SISWA SMP SWASTA PAB 2 HELVETIA

Show simple item record

dc.contributor.author APRILIA
dc.date.accessioned 2023-11-27T05:11:40Z
dc.date.available 2023-11-27T05:11:40Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23157
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran apa yang digunakan untuk Baca Tulis Al-Qur`an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur`an di SMP Swasta PAB 2 Helvetia. Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur`an pada siswa-siswi. Apa Faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran baca tulis al-Qur`an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al Qur`an pada siswa SMP Swasta PAB 2 Helvetia. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dengan observasi langsung dilapangan dan data skunder diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam terhadap para informan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1). Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur`an adalah strategi pembelajaran langsung (Direct Instruction) dan strategi pembelajaran tidak langsung (Indirect Intruction). 2). Upaya guru dalam meningkatkan baca tulis al-Qur`an siswa yaitu mengelompokan siswa melalui mengaji Bersama dengan guru PAI bagi yang sudah bisa membaca al-Qur`an dan program BTQ bagi siswa yang belum bisa membaca al-Qur`an. 3). Metode yang digunakan guru pendidikan agama adalah metode Iqra`, dan metode imla`. Faktor pendukung yaitu: guru Pendidikan Agama Islam yang membantu dalam mendidik dan membimbing membaca dan menulis al-Qur`an, serta perhatian dan minat siswa dalam mempelajari baca tulis al-Qur`an, dan orang tua yang mendidik anaknya untuk mengaji di rumah atau di TPA. Faktor penghambat muncul dari siswa itu sendiri, beragamnya kemampuan dan kemauan siswa. Walikelas dan guru mata pelajaran PAI yang memiliki pekerjaan lebih dan kurang perhatian terhadap siswa. Dan latar belakang keluarga yang bervariasi. en_US
dc.subject Strategi pembelajaran en_US
dc.subject Al-Qur`an en_US
dc.title STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR`AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR`AN PADA SISWA SMP SWASTA PAB 2 HELVETIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account