Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pembelajaran apa yang
digunakan untuk Baca Tulis Al-Qur`an Dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca dan Menulis Al-Qur`an di SMP Swasta PAB 2 Helvetia. Bagaimana
upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur`an
pada siswa-siswi. Apa Faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran
baca tulis al-Qur`an dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al Qur`an pada siswa SMP Swasta PAB 2 Helvetia. Jenis penelitian ini adalah
deskripsi kualitatif dengan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini
yaitu data primer yang diperoleh dengan observasi langsung dilapangan dan data
skunder diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam terhadap para
informan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1). Strategi pembelajaran yang
digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan
membaca dan menulis al-Qur`an adalah strategi pembelajaran langsung (Direct
Instruction) dan strategi pembelajaran tidak langsung (Indirect Intruction). 2).
Upaya guru dalam meningkatkan baca tulis al-Qur`an siswa yaitu
mengelompokan siswa melalui mengaji Bersama dengan guru PAI bagi yang
sudah bisa membaca al-Qur`an dan program BTQ bagi siswa yang belum bisa
membaca al-Qur`an. 3). Metode yang digunakan guru pendidikan agama adalah
metode Iqra`, dan metode imla`. Faktor pendukung yaitu: guru Pendidikan
Agama Islam yang membantu dalam mendidik dan membimbing membaca dan
menulis al-Qur`an, serta perhatian dan minat siswa dalam mempelajari baca tulis
al-Qur`an, dan orang tua yang mendidik anaknya untuk mengaji di rumah atau di
TPA. Faktor penghambat muncul dari siswa itu sendiri, beragamnya kemampuan
dan kemauan siswa. Walikelas dan guru mata pelajaran PAI yang memiliki
pekerjaan lebih dan kurang perhatian terhadap siswa. Dan latar belakang
keluarga yang bervariasi.