dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis sebelum
menggunakan Metode Discovery Learning dan keterampilan menulis setelah
menggunakan metode Discovery Learning kelas IV SD Negeri 101783 Saentis
tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini diharapakan bermanfaat secara teoritis
maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan
yaitu Perfomence dan lembar kerja siswa digunakan untuk memperoleh data yang
berkaitan dengan keterampilan menulis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan
metode Discovery Learning dalam keterampilan menulis. Berdasarkan hasil lembar
kerja yang dilakukan sebelum menggunakan metode Discovery Learning diperoleh
nilai rata-rata keterampilan menulis pada kelas kontrol adalah 68,91 dan kelas
Eksperimen adalah 79,45. Hasil pengujian hipotesis diperoleh dari nilai signifikan
(2-tailed) < 0,05 sehingga dapat diketahui nilai signifikan (2-tailed) yaitu ,000 <
0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan
ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan
metode Discovery Learning dalam keterampilan menulis pada siswa kelas IV SD
Negeri 101783 Saentis Tahun Pembelajaran 2022/2023. |
en_US |