dc.description.abstract |
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar siswa
dengan menerapkan media pembelajaran berbasis spinning wheel pada
pembelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan, untuk mengetahui
keaktifan belajar siswa dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPA
kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan dan untuk mengetahui pengaruh media
pembelajaran berbasis spinning wheel terhadap keaktifan belajar siswa pada
pembelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan. Dari hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata skor perolehan siswa yang menggunakan
media spinning wheel lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata skor
perolehan siswa tanpa menggunakan media pembelajaran spinning wheel yaitu 87
dibandingkan 94. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa yang menggunakan media
pembelajaran spinning wheel yaitu 100. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa tanpa
menggunakan media pembelajaran spinning wheel yaitu 96. Dari penelitian
tersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada penggunaan media
pembelajaran spinning wheel dan tanpa media pembelajaran spinning wheel ini
dibuktikan oleh hasil Nilai signifikan (2-tailed) 0,009 < 0,05 maka Ha diterima dan
Ho ditolak. Kemudian t hitung 2,828 > t tabel 1,701. Maka kesimpulan dari
pengujian hipotesis adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Adanya pengaruh media
pembelajaran berbasis spinning wheel terhadap keaktifan belajar siswa pada
pembelajaran IPA di kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan. |
en_US |