DSpace Repository

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 1 No. 101750 ULAK TANO

Show simple item record

dc.contributor.author HASIBUAN, NUR ASIAH
dc.date.accessioned 2023-11-27T03:28:09Z
dc.date.available 2023-11-27T03:28:09Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23113
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru, karena ketiadaan media pembelajaran yang kurang memadai. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara pada guru kelas VI bahwa pendidik hanya memanfaatkan sumber dan media pembelajaran yang minim berupa buku guru, buku siswa dan media gambar. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat peserta didik yaitu multimedia interaktif berbasis kearifan lokal yang merupakan media pembelajaran yang dapat memacu peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengolah kevalidan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal pada mata pelajara IPS di Kelas IV SDN 1 No.101750 Ulak Tano. 2) mengolah kepraktisan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal pada mata pelajara IPS di Kelas IV SDN 1 No.101750 Ulak Tano. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Sugiyono (2017). Subjek penelitian yang terlibat antara lain validator ahli materi, ahli media serta respon peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala likert dengan kategori yang disusun dalam bentuk cheklist. Analisis data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis kevalidan, multimedia interaktif dapat dikategorikan sangat baik. Hasil persentase media pembelajaran dari ahli media 98%, penilaian dari ahli materi 93% dan penilaian dari ahli bahasa 100%. Hasil uji coba respon pendidik diperoleh persentase 96% dengan kategori sangat efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran IPS dan hasil uji coba respon peserta didik diperoleh persentase 94% dengan kategori sangat efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran IPS en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Multimedia Interaktif en_US
dc.subject Kearifan Lokal en_US
dc.title PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 1 No. 101750 ULAK TANO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account