DSpace Repository

Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Kelas X MAS Plus Al-Ulum Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Syukri Kurniawan
dc.date.accessioned 2023-11-27T02:52:34Z
dc.date.available 2023-11-27T02:52:34Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23086
dc.description.abstract Al-Qur’an merupakan pedoman atau petunjuk bagi umat muslim, maka sebagai umat muslim dianjurkan agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid dan tahsinnya. Kualitas bacaan Al-Qur’an sangat penting dalam menilai terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan untuk: (1) mengetahui kualitas bacaan Al-Qur’an siswa X MAS Plus Al-Ulum Medan, (2) strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa X MAS Plus Al-Ulum Medan, (3) faktor pendukung dan penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa kelas X MAS Plus Al-Ulum Medan. Penelitian ini adalaha penelitian kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian ini digolongkan kedalam penelitian kualititaif desktiptif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses belajar mengajar di sekolah MAS Plus Al-Ulum Medan dimulai dengan pembacaan Al-Qur’an selama 15 menit sebelum memulai pembelajaran. Kesulitan dalam membaca Al-Qur’an siswa terkolerasi dengan minimnya pengetahuan siswa mengenai ilmu tajwid dan tahsin. Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kualitas bacaan Aal-Qur’an siswa dengan mengelompokkan siswa sesuai kemampuan bacaan Al-Qur’an siswa dan menerapkan pembiasaan membaca A l-Qur’an 15 menits sebelum memulai pembelajaran. Faktor pendukung guru dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa dengan tersedianya sarana dan prasarana yang memedai dan kegiatan tahfidz dan tilawah sedangkan faktor penghambat guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa ialah kurangnya peran orang tua dan keterbatasan waktu dan kurang minta dan pahamnya siswa mengenai ilmu tajwid dan tahsin. en_US
dc.subject Strategi Guru Al-Qur’an Hadits, Kualitas, Bacaan Al-Qur’an en_US
dc.title Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Kelas X MAS Plus Al-Ulum Medan en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account