Abstract:
Al-Qur’an merupakan pedoman atau petunjuk bagi umat muslim, maka
sebagai umat muslim dianjurkan agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan
benar sesuai kaidah tajwid dan tahsinnya. Kualitas bacaan Al-Qur’an sangat penting
dalam menilai terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Penelitian ini dilaksanakan untuk: (1) mengetahui kualitas bacaan Al-Qur’an siswa
X MAS Plus Al-Ulum Medan, (2) strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam
meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa X MAS Plus Al-Ulum Medan, (3)
faktor pendukung dan penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan
kualitas bacaan Al-Qur’an siswa kelas X MAS Plus Al-Ulum Medan. Penelitian ini
adalaha penelitian kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan
penelitian ini digolongkan kedalam penelitian kualititaif desktiptif. Data penelitian
ini dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses
belajar mengajar di sekolah MAS Plus Al-Ulum Medan dimulai dengan pembacaan
Al-Qur’an selama 15 menit sebelum memulai pembelajaran. Kesulitan dalam
membaca Al-Qur’an siswa terkolerasi dengan minimnya pengetahuan siswa
mengenai ilmu tajwid dan tahsin. Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam
meningkatkan kualitas bacaan Aal-Qur’an siswa dengan mengelompokkan siswa
sesuai kemampuan bacaan Al-Qur’an siswa dan menerapkan pembiasaan membaca
A l-Qur’an 15 menits sebelum memulai pembelajaran. Faktor pendukung guru
dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa dengan tersedianya sarana
dan prasarana yang memedai dan kegiatan tahfidz dan tilawah sedangkan faktor
penghambat guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an
siswa ialah kurangnya peran orang tua dan keterbatasan waktu dan kurang minta
dan pahamnya siswa mengenai ilmu tajwid dan tahsin.