dc.contributor.author |
Harahap, Suliska Maulidina |
|
dc.date.accessioned |
2023-11-27T02:37:54Z |
|
dc.date.available |
2023-11-27T02:37:54Z |
|
dc.date.issued |
2023-11-27 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23069 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan realistic
mathematics education terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SD Muhammadiyah 11
Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok true
eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Muhammadiyah 11
Medan yang berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan test. Berdasarkan
hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan realistic mathematics
education lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan realistic
mathematics education yaitu 88,62 banding 85,30. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa
sebelum menggunakan pendekatan realistic mathematics education adalah 100. Nilai
tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan pendekatan realistic mathematics
education adalah 100. Berdasarkan Hasil Uji Hipotesis diatas dengan menggunakan
Independent Samples Test terdapat bahwa Nilai Sig (2-tailed) adalah 0,034 ≤ 0,05 maka Ha
diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan nilai yang diperoleh siswa kelas eksperiment 2B
terbukti bahwa Terdapat Pengaruh Penggunaan Realistic Mathematics Education Terhadap
Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 11 Medan. |
en_US |
dc.subject |
Realistic Mathematics Education, Kemampuan Berhitung |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Penggunaan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 11 Medan. |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |