DSpace Repository

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERPADU AL-FARABI

Show simple item record

dc.contributor.author -, SILVIAH
dc.date.accessioned 2023-11-27T02:21:30Z
dc.date.available 2023-11-27T02:21:30Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23057
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Terpadu Al-farabi, yang berupa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran serta apa saja pendukung dan penghambat berjalannya manajemen pembelajaran, hadapan jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode kualitatif, adapun sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan observasi langsung kelapangan dan data sekunder diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam terhadap para informan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) guru pendidikan agama islam senantiasa membuat silabus dan rpp sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai untuk menjadi acuan dalam proses pembelajaran, 2) Guru pendidikan agama islam di SMP Terpadu Al-Farabi telah melaksanakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sebagai berikut : a) melakukan kegiatan pendahuluan, b) melaksanakan kegiatan inti, c) melaksanakan kegiatan Penutup 3) Guru pendidikan agama islam di SMP Terpadu Al-Farabi telah melaksanakan evaluasi kegiatan pembelajaran , adapun tujuan dari evaluasi kegiatan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui kemampuan peserta didik, evaluasi kegiatan pembelajaran yang dibuat oleh guru pendidikan agama islam di SMP Terpadu Al- Farabi adalah berupa memberikan pekerjaan rumah atau pekerjaan kelas, Ujian Tengah Semester, ujian semester dan ujian kenaikan kelas, 4) adapun faktor pendukung manajemen pembelajaran di SMP Terpadu Al-Farabi adalah keingintahuan siswa yang tinggi, lingkungan masyarakat sekitar yang mendukung.5) adapun Faktor penghambat dalam melaksanakan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Terpadu Al-Farabi adalah kurangnya fasilitas dan prasarana dalam pembelajaran, kurangnya media pembelajaran sehingga membuat siswa jenuh saat berlangsungnya pembelajaran. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Manajemen en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.title MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERPADU AL-FARABI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account