Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran
pendidikan agama islam di SMP Terpadu Al-farabi, yang berupa perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran
serta apa saja pendukung dan penghambat berjalannya manajemen
pembelajaran, hadapan jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan
metode kualitatif, adapun sumber data penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh dengan observasi langsung kelapangan dan data sekunder diperoleh
dengan melakukan wawancara mendalam terhadap para informan. Adapun hasil
dari penelitian ini adalah: 1) guru pendidikan agama islam senantiasa membuat
silabus dan rpp sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai untuk menjadi acuan
dalam proses pembelajaran, 2) Guru pendidikan agama islam di SMP Terpadu
Al-Farabi telah melaksanakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sebagai
berikut : a) melakukan kegiatan pendahuluan, b) melaksanakan kegiatan inti, c)
melaksanakan kegiatan Penutup 3) Guru pendidikan agama islam di SMP
Terpadu Al-Farabi telah melaksanakan evaluasi kegiatan pembelajaran , adapun
tujuan dari evaluasi kegiatan pembelajaran ini adalah untuk mengetahui
kemampuan peserta didik, evaluasi kegiatan pembelajaran yang dibuat oleh guru
pendidikan agama islam di SMP Terpadu Al- Farabi adalah berupa memberikan
pekerjaan rumah atau pekerjaan kelas, Ujian Tengah Semester, ujian semester
dan ujian kenaikan kelas, 4) adapun faktor pendukung manajemen pembelajaran
di SMP Terpadu Al-Farabi adalah keingintahuan siswa yang tinggi, lingkungan
masyarakat sekitar yang mendukung.5) adapun Faktor penghambat dalam
melaksanakan manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP
Terpadu Al-Farabi adalah kurangnya fasilitas dan prasarana dalam
pembelajaran, kurangnya media pembelajaran sehingga membuat siswa jenuh
saat berlangsungnya pembelajaran.